Jumat, 20 Januari 2012

RPP TEMATIK KELAS I SEMESTER I TEMA DIRI SENDIRI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER I
TEMA DIRI SENDIRI

Disusun Guna Memenuhi Tugas Semester VI
Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS
Pengampu : Ratnasari Dyah Utami, M. Si.






Disusun Oleh:
ERA CATUR SETYO RINI
A 510 080 252

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA


 
2011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
SATUAN PENDIDIKAN            : SD N KANDANG SAPI
KELAS/SEMESTER                   : I / 1
TEMA                                           : DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU                     : 1 X PERTEMUAN (1 HARI)

I.      STANDAR KOMPETENSI
IPS
1.    Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati kemajemukan keluarga.
BAHASA INDONESIA
2.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
PKn
1.    Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
IPA
1.    Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya.
MATEMATIKA
1.    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
SBK
4.    Mengekspresikan diri melalui karya seni music

II.      KOMPETENSI DASAR
IPS
1.1      Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.
BAHASA INDONESIA
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
PKn
1.1    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
IPA
1.1    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
MATEMATIKA
1.1  Membilang banyak benda
SBK
4.4    Melafalkan lagu anak-anak

III.      INDIKATOR
IPS
1.1.1   Membaca contoh bacaan yang berkaitan dengan identitas diri sendiri
1.1.2   Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
1.1.3   Mengemukakan nama ayah dan ibu
BAHASA INDONESIA
2.1.1   Mendeklamasikan lagu anak-anak.
2.1.2   Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
PKn
1.1.1   Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
1.1.2   Menceritakan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
IPA
1.1.1   Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
1.1.2   Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
1.1.3   Menunjukkan cara merawat tubuh.
MATEMATIKA
1.1.1   Menyebutkan banyak benda.
1.1.2   Membaca dan menulis lambang bilangan.
1.1.3   Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
SBK
4.4.1   Menyanyikan lagu anak-anak dengan gerakan

IV.      MATERI POKOK
·      Identitas diri sendiri dan orang tua
·      Perkenalan diri dengan bahasa sederhana
·      Perbedaan jenis kelamin
·      Bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya
·      Membilang benda
·      Bernyanyi

V.      METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode Pembelajaran
a.       Tari Bambu
b.      Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
c.       Examples Non Examples
d.      Think Pair and Share
e.       Tanya jawab

2.      Model Pembelajaran
1.    Kooperatif Learning
2.    Active Learning

VI.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.       KEGIATAN AWAL
·      Guru mengucapkan salam
·      Guru meminta ketua kelas memimpin doa
·      Guru mempresensi kehadiran siswa
·      Guru mengecek kesiapan fisik dan psikis siswa dalam belajar
·      Apersepsi: guru memberi motivasi siswa supaya lebih bersemangat dalam menerima materi yang akan diberikan dengan menyanyikan sebuah lagu “Sayang semuanya” (SBK)
·      Guru menggali kemampuan awal berkenaan dengan materi yang akan dipelajari dengan bertanya kepada siswa siapa saja yang terdapat pada lagu tersebut
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
B.       KEGIATAN INTI
1.        Guru menuliskan sebuah bacaan tentang identitas diri (nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nama kedua orang tua)
2.        Siswa dibimbing untuk membaca bacaan yang ada di papan tulis
3.    Siswa diminta mengeluarkan akte kelahiran dan kartu keluarga yang mereka bawa dari rumah masing-masing
4.        Siswa diminta berdiri di sela-sela meja dan berhadap-hadapan dengan teman mereka
5.   Siswa yang telah berhadap-hadapan diminta saling memberikan informasi mengenai identitas masing-masing secara bergantian dengan kalimat sederhana
6.     Siswa bergeser ke meja lain sehingga mendapatkan pasangan yang berbeda. Siswa mengulangi langkah sebelumnya sampai seluruh siswa saling memperkenalkan identitas mereka. (IPS & BAHASA INDONESIA)
7.        Siswa diminta mengamati benda-benda yang ada di kelas.
8.        Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang jumlah benda yang ada di dalam kelas
·           Berapa jumlah papan tulis yang ada di kelas?
·           Berapa jumlah pintu yang ada di kelas?
·           Berapa jumlah jendela yang ada di kelas?
·           Berapa jumlah siswa laki-laki di kelas?
·           Berapa jumlah siswa perempuan di kelas?
9.        Siswa diberikan lembar soal yang berisi gambar-gambar.
10.  Siswa diminta menghitung jumlah benda yang ada di gambar dan menuliskan lambang bilangannya.
11.Siswa diminta mengurutkan gambar dari yang mempunyai jumlah terkecil sampai terbesar (MATEMATIKA, PKn)
12.    Siswa dan guru menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan berdeklamsi
13.    Siswa dan guru melakukan Tanya jawab tentang lagu
·           Apa saja bagian tubuh yang disebutkan dalam lagu?
·           Berapa jumlah mata?
·           Berapa jumlah hidung?
·           Berapa jumlah mulut?
·           Berapa jumlah tangan?
·           Berapa jumlah kaki?
14.    Siswa diminta mengamati gambar bagian-bagian tubuh
15.  Siswa secara berpasangan dengan teman sebangku diminta mendiskusikan kegunaan masing-masing bagian tubuh dan cara merawatnya
16. Perwakilan dari pasangan maju untuk menjelaskan kepada teman-teman lainnya dan memperagakan cara merawat bagian tubuh
17.    Siswa lain diminta menanggapi jawaban teman mereka
18.    Siswa mengerjakan latihan soal (SBK, IPA, MATEMATIKA)
19.    Siswa diminta mengamati teman-teman satu kelas. Ada yang laki-laki dan perempuan, kurus dan gemuk, tinggi dan pendek dan sebagainya
20.   Guru menjelaskan secara singkat bahwa manusia diciptakan berbeda-beda baik dari segi jenis kelamin, bentuk tubuh dan lain-lain
21.   Siswa diminta membentuk kelompok masing-masing 4 orang. Setiap anggota kelompok diberikan kartu bernomor.
22. Masing-masing kelompok diberikan lembar kerja dan siswa diminta mendiskusikan jawaban tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan, perbedaan permainan kesukaan laki-laki dan perempuan
23.    Siswa yang nomornya dipanggil diminta maju untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
24.    Siswa lain diminta menanggapi jawan dari teman mereka. (IPS & PKn)
C.       KEGIATAN AKHIR
1.      Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
2.      Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3.      Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya
4.      Guru memberikan penguatan pada siswa agar belajar lebih giat di rumah
5.      Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran dengan Doa

VII.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A.       Alat Pembelajaran
1.    Akte Kelahiran
2.    Kartu Keluarga
3.    Kartu Bernomor
4.    Gambar bagian tubuh
5.    Benda-benda sekitar
B.       Sumber Belajar
1.    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
2.    Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk Kelas 1 hal 1 s.d. 10. Karangan Asyari, dkk. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2007.
3.    Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas 1 hal 1 s.d. 5. Karangan Nana Suparna, dkk. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2007.
4.    Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas 1 hal  7 & 8. Karangan Hanif Nurcholis dan Mafrukhi. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2007.
5.    Buku IPA SD untuk Sekolah Dasar Kelas 1 hal 2 s.d. 15. Karangan Tim Bina Karya Guru, dkk. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2008.
6.    Buku Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Kelas 1. Karangan Tim Bina Karya Guru, dkk. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2007.
7.    Buku Panduan Belajar Tematik SD untuk Kelas 1 Semester 1. Karangan Hilda Karli dan Margaretha Sri Yuliariatiningsih. Penerbit Erlangga. 2007.

VIII.      PENILAIAN
A.                                   Jenis Penilaian
·            Penilaian Tertulis Obyektif
·            Penilaian Tertulis Subyektif
·            Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
B.                                    Prosedur Penilaian
·            Penilaian Tertulis Obyektif
Skor benar x 10 = 100
Skor benar x 25 = 100 (matematika)
·            Penilaian Tertulis Subyektif
Skor benar x 10 = 100
·            Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Nilai            =

                                                                                    Sragen,       Juni 2011
           Mengetahui,
        Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas


Tri Mulyanto                                                                           Era Catur Setyo Rini
    NIM. A 510 080 260                                                                       NIM. A 510 080 252


PEMILIHAN METODE

A.      Metode Tari Bambu
Metode tari bambu merupakan bentuk modifikasi dari lingkaran besar lingkaran kecil. Dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode ini, siswa saling bertukar informasi pada saat bersamaan.
Kelebihan Metode Tari bambu antara lain:
1.         Adanya struktur yang jelas dan memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.
2.         Siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
3.         Dapat digunakan pada beberapa mata pelajaran, seperti IPS, agama, bahasa dan matematika, terutama mata pelajaran yang membutuhkan pertukaran pengalaman, pikiran dan informasi antar siswa.
4.         Metode ini dapat digunakan untuk semua tingkatan usia anak didik.
Kelemahan Tari Bambu antara lain:
1.         Membutuhkan waktu yang cukup lama
2.         Membutuhkan keterampilan mengorganisasikan dan mengkondisikan kelas

B.       Metode Number Heads Together (Kepala Bernomor)
Metode kepala bernomor (numbered heads) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992). Kelebihan metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, metode ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat belajar mereka. Metode ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran dan semua tingkatan usia anak didik.

C.      Metode Examples Non Examples
Examples Non Examples adalah metode belajar yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat dari kasus / gambar yang relevan dengan materi pelajaran.
Kebaikan Metode Examples Non Examples:
1.        Siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar.
2.        Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar.
3.    Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
Kekurangan Metode Examples Non Examples:
1.        Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.
2.        Memakan waktu yang lama.

D.      Model Think Pair and Share
Model Think Pair Share dikembangkan oleh Frank Lyman dan rekan-rekannya dari Universitas Maryland. Think Pair Share memiliki prosedur secara eksplisit dapat memberi siswa waktu lebih banyak untuk berpikir, menjawab, saling membantu satu sama lain (Ibrahim dalam Estiti, 2007:10) dengan cara ini diharapkan siswa mampu bekerja sama, saling membutuhkan dan saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif.
Metode TPS merupakan salah satu strategi dalam pembelajaran kooperatif yang dapat memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir sehingga strategi ini punya potensi kuat untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Peningkatan kemampuan berpikir siswa akan meningkatkan hasil belajar atau prestasi belajar siswa dan kecakapan akademiknya.
Siswa dilatih bernalar dan dapat berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk menjawab dengan asumsi pemikirannya sendiri, kemudian berpasangan untuk mendiskusikan hasil jawabannya kepada teman sekelas untuk dapat didiskusikan dan dicari pemecahannya bersama-sama sehingga terbentuk suatu konsep.

E.       Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru.
Beberapa kelebihan metode Tanya jawab yaitu:
  1. Mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
  2. Merangsang siswa berfikir.
  3. Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.
MATERI
Setiap orang mempunyai identitas diri meliputi nama lengkap, nama panggilan, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, nama orang tua. Contohnya:
Nama lengkap             : Aan Saputra
Nama panggilan          : Aan
Tempat lahir                : Jakarta
Tanggal lahir               : 12 Juli 2004
Jenis Kelamin              : Laki laki
Nama Ayah                 : Perdana
Nama Ibu                    : Diana
            Setiap orang mempunyai nama lengkap sesuai dengan akte kelahiran. Setiap orang juga mempunyai nama panggilan agar mudah diingat. Dalam memperkenalkan diri harus menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh orang lain.
            Keluarga terdiri atas beberapa anggota keluarga yaitu ayah, ibu, kakak dan adik. Ayah dan ibu disebut orang tua. Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak disebut caturwarga.
Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda, ada yang laki-laki dan perempuan, berbadan kurus dan gemuk, tinggi dan pendek dan sebagainya.










Alin adalah anak perempuan. Dia memiliki rambut panjang. Dia ke sekolah memakai rok. Sedangkan Dimas adalah anak laki-laki. Dia memiliki rambut pendek. Dia ke sekolah memakai celana.
Itu semua merupakan karunia Tuhan yang harus kita syukuri. Meskipun berbeda-beda kita harus saling menjaga kerukunanm saling menyayangi, saling mengenal, tolong menolong dan saling menghormati.
Benda-benda di sekitar kita mempunyai jumlah yang berbeda-beda misalnya saja bagian tubuh kita. Kita mempunyai dua mata untuk melihat, dua telinga untuk mendengar, satu hidung untuk mencium bau, satu lidah untuk membantu menelan makanan dan mengecap rasa, dua tangan untuk memegang dan sebagainya. Kita harus merawat bagian-bagian tubuh kita agar terhindar dari penyakit. Misalnya kita merawat mata dengan tidak menonton televise terlalu dekat, membersihkan telinga dengan kapas dan sebagainya.
Penilaian Tertulis Subjektif
Bacalah baik-baik pernyataan di bawah ini!
Berilah tanda (√) pada kolom setuju atau tidak setuju!
No
Pernyataan
Setuju
Tidak setuju
1.
Anggota tubuh harus kita rawat


2.
Kita perlu menjaga kebersihan tubuh


3.
Kita tidak perlu mencuci tangan sebelum makan


4.
Kuku tidak perlu dipotong


5.
Rambut harus dicuci agar kepala sehat


6.
Telinga dibersihkan dengan dengan batang kapas


7.
Hidung tidak perlu ditutup jika ada debu


8.
Kulit yang luka harus segera diobati


9.
Menggosok gigi 2 kali sehari


10.
Tubuh yang sakit tidak perlu diobati


PENILAIAN OBJEKTIF
I.         Beri tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c
1.         Bagian tubuh untuk melihat adalah…
a.    Mata
b.    Hidung
c.    Telinga
2.         Jumlah jari tangan kita ada …
a.    5
b.    6
c.    10
3.         Lidah berguna untuk…
a.    Melihat gambar
b.    Mencium bau
c.    Mengecap rasa
4.         Gigi digunakan untuk…
a.    Mengunyah
b.    Menelan
c.    berbicara
5.         Rambut melindungi kepalaku dari…
a.    Ketombe
b.    Terik matahari
c.    kutu
6.         Mencuci rambut disebut juga…
a.    Keramas
b.    Mandi
c.    Sarapan
7.         Aku sisir rambut dengan..
a.    Sampo
b.    Sisir
c.    Sabun
8.         Jika mataku perih diobati dengan…
a.    Batang kapas
b.    Obat merah
c.    Obat tetes mata
9.         Aku mandi…kali sehari
a.    3
b.    2
c.    6
10.     Aku sakit perut karena aku lupa…
a.    mencuci tangan
b.    mencuci rambut
c.    mencuci kaki

Kunci Jawaban:
1.      a
2.      c
3.      c
4.      a
5.      b
6.      a
7.      b
8.      c
9.      b
10.  a
LEMBAR KERJA SISWA
Rounded Rectangle: Ayo Berlatih!




perhatikan gambar di samping
jawablah pertanyaan sesuai gambar tersebut
1.                                                                                        mataku ada ….
mata untuk ….
2.                                                                                       hidungku ada ….
        hidung untuk ….
3.                                                                                      mulutku ada ….
        mulut untuk ….
4.                                                                                      telingaku ada ….
        telinga untuk….
5.                                                                                      kakiku ada ….
       kaki untuk ….
LEMBAR KERJA SISWA
Permainan kesukaan
laki-laki
Permainan kesukaan perempuan











RUBRIK PENILAIAN TINGKAH LAKU
No.
Aspek yang Dinilai
Tingkat Capaian Kerja
1
2
3
4
5
1.
Antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.





2.
Keberanian menjawab atau menyampaikan pendapat





3.

Keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat pada saat debat aktif






4
Ketepatan menjawab





5
Keberanian dalam menyanggah dan memberikan argumen dari pernyataan teman dengan alasan yang tepat





                                                                                                                    Skor Maksimum: 20
Keterangan:
Skor 1                   : sangat kurang
Skor 2                   : kurang
Skor 3                   : cukup
Skor 4                   : baik
Skor 5                   : sangat baik


LATIHAN SOAL
hitunglah banyak benda berikut
tulislah lambang bilangannya!
432
1










Kunci jawaban:
1). 5     2). 4     3). 6     4). 3



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar